Skip to main content

Buku : THE TEACHING OF RETAIL GURU "SAM WALTON"

Buku yang kali ini penulis baca mungkin tidak terlalu berhubungan dengan saham. Ya, memang buku ini penulis beli hanya untuk sekedar bacaan. Tapi... Ternyata buku ini mengajarkan banyak hal, walaupun buku ini merupakan buku terjemahan dan ringkasan dari buku aslinya berjudul :

"SAM WALTON MADE IN AMERICA


Buku ini mengajarkan penulis tentang:

1. Pentingnya 1 Dollar ($1)
    Bagi kita sebagai investor mungkin melihat uang logam 100 rupiah atau 200 rupiah dijalan bukanlah hal menarik, tapi tidak bagi seorang Sam Walton, dia akan mengambilnya. Sam Walton menunjukkan bagaimana orang kaya menghargai setiap uang, sekalipun dia sudah kaya. Lebih baik bergaya seperti orang bangkrut meskipun kaya luar biasa daripada tidak bisa kaya dan menjadi miskin karena selalu bersikap seperti orang kaya. 

2. Menajemen
   Sam Walton membuktikan bahwa menajemen yang bagus, pada akhirnya akan membuat perusahaan bertumbuh. Terbukti, dalam buku ini Wal-Mart diisi oleh orang-orang yang luar biasa, dan semua orang-orang itu merupakan kerabat dari Sam Walton. Uniknya, Sam Walton suka berkunjung ke toko-toko lawannya sekedar untuk berbicara dan belajar bagaimana kompetitornya menjalankan usaha. Kata-kata yang tepat adalah " Belajar dari Pengalaman Orang Lain". Ketika Sam membutuhkan orang-orang yang tepat di Wal-Mart maka Sam sudah tau siapa yang harus dia datangi.

3. Pemegang Saham
    Wal-Mart pada berawal dari perusahan kecil yang pada akhirnya IPO, jika investor melihat portofolio Warren Buffet, maka ada saham Wal-Mart (Warrent Buffet Portofolio). Ada kalimat yang menarik dari Sam Walton yakni dia (Sam) tidak setuju jika perusahaan harus membuat pemegang saham mengeluarkan uang. Persepsi penulis adalah perusahaan yang baik tidak akan melakukan right issue, walaupun untuk tujuan yang baik seperti ekspansi, membayar hutang dan lainnya, mungkin beberapa investor tidak setuju akan hal ini karena right issue secara jangka panjang sangat baik untuk permodalan perusahaan.

Berikut ajaran-ajaran penting dari buku ini (10 Aturan Sam Walton) :
1. Komit
2. Berbagi
3. Motivasi
4. Komunikasikan
5. Hargai
6. Rayakan
7. Dengarkan
8. Lampaui
9. Kontrol
10. Berenang melawan arus


Sebenarnya masih banyak hal yang penting untuk dijelaskan, namun tidak dapat penulis utarakan melalui blog dan hanya dapat dimengerti apabila investor membaca bukunya langsung (apalagi buku aslinya). Semoga dengan berbagi buku yang telah penulis baca, maka banyak investor yang memulai kebiasaan baru yang bermanfaat, alih-alih menghabiskan waktu untuk memperhatikan chart dan running trade, investasi akan lebih menyenangkan jika kita tidak selalu memikirkannya.

Penulis juga terbuka untuk berdiskusi tentang buku-buku ataupun buku yang disarankan untuk dibaca, investor dapat comment ataupun menghubungi penulis melalui email ido_aprilian@yahoo.com. Akhir kata, Selamat membaca!. 

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Fundamental Petrosea Tbk

PT Petrosea adalah perusahaan Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi Nasional Indonesia dengan Kemampuan Internasional. Dengan lebih dari 42 tahun pengalaman dalam Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi, dan Offshore Services Base, Petrosea diakui sebagai salah satu kontraktor terkemuka di Indonesia.

Visi: Menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang menyediakan jasa disektor pertambangan, Minyak & Gas serta infrastruktur di asia tenggara.

Misi: Menyediakan solusi yang inovatif disektor pertambangan, Minyak dan Gas serta infrastruktur untuk menciptakan kepuasan bagi seluruh klien dan pemangku kegiatan.



Pemegang saham Petrosea saat ini adalah:

Indika Energy    69.801%
Lo Kheng Hong 11.437%
Masyarakat        18.762%

Penulis berinvestasi di saham Petrosea (PTRO) sejak tahun 2016 (Portofolio November 2016), sejujurnya anak usaha Indika Energy (INDY) ini sudah penulis pantau sejak akhir tahun 2015 silam, ketika harganya masih 220an. Namun penulis belum memutuskan investasi di PTRO dikarenakan v…

Portofolio Oktober 2017

Seperti biasa laporan Bulanan akan saya tulis di blog saya, sebagai pengingat keputusan apa saja yang telah saya lakukan dalam berinvestasi.
Kinerja Portofolio saya cukup membaik, ditopang oleh penguatan harga saham MBSS. Walaupun secara overall masih mengalami rugi disebabkan penurunan harga saham LPPF, TOTL dan AISA. Berikut hasil kinerja portofolio saya per tanggal 28 Oktober 2017:
NAMA AVERAGE LAST % AISA 1555 980 (37.0) BNLI 658 650 (1.2) LPPF 10.600 8600 (18.9) MBSS 391 570 45.4 TOTL 765 695 (8.9) (X) = Sedang dalam keadaan penurunan / rugi


Berikut ulasan untuk portofolio saham saya saat ini :
1. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)

Pertengahan bulan ini, saya menemani orang tua berbelanja bulanan. Saya melihat beberapa beras yang dilabeli tulisan "Beras HET". Uniknya bagi saya adalah tidak hanya beras Maknyus yang

MBSS : Waiting Moment

Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) adalah penyedia solusi logistik dan trasnportasi laut terpadu untuk bahan curah yang terkemuka di Indonesia, secara khusus batubara. memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam bidang usaha ini, MBSS dikenal memiliki reputasi pelayanan dengan kualitas tinggi dan dapat diandalkan. MBSS terutama melayani tambang-tambang batubara terbesar di Indonesia

VISI: Menjadi perusahaan tingkat dunia dalam menyediakan solusi bagi layanan logistik laut dan transshipment yang diakui oleh standarisasi yang tinggi dari menajemen keselamatan, keandalan dan keunggulan operasional.

MISI: Menyediakan solusi yang berkualitas tinggi untuk logistik laut dan transshipment untuk batubara dan barang-barang curah lainnya termasuk minyak dan gas.


Penulis membeli MBSS pada Desember 2016 (Tercatat : Portofolio Des 2016), pada portofolio tersebut, MBSS sebenarnya penulis beli sebagai pengganti SOCI, kenapa SOCI dijual? sudah penulis jelaskan di artikel penulis tersebut, So... Let…