Skip to main content

Daftar Saham Pilihan

Dari 500an saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), berapakah yang layak investasi? Berapakah yang betul-betul sehat secara laporan keuangan dan menajemen? 200? 100? 50? atau hanya 10? Penting bagi kita sebagai investor untuk mempunyai saham-saham pilihan. Tujuannya? Jelas untuk mengamati kinerja laporan keuangan masing-masing emiten. Bayangkan jika anda mendapat berita harga saham A naik, dan Anda panic buying. Lalu setelah Anda membeli, barulah sadar bahwa perusahaan itu laporan keuangannya mengalami kerugian. So.. Pastiny Anda akan Panic Selling

Baru-baru ini saya mendapat cerita yang kurang menyenangkan dari grup Telegram yang saya ikuti, kebetulan saya adalah salah satu pengurus komunitas tersebut, ceritanya ada salah seorang member di grup itu yang curhat karena selama ini melakukan buy atas dasar rekomendasi dari anggota member lainnya. 



Alasannya membeli cukup simpel, saham yang dibeli bergerak dari 50 hingga 500 (You knowlah... ), dan yang memberikan rekomendasi mengaku dirinya adalah Value Investor. So...? Bukan maksud penulis untuk menjelekkan saham A ataupun B. Penulis hanya ingin agar investor tidak mengalami rugi disebabkan hal-hal yang tidak jelas. Apakah perusahaan merugi adalah jelek? tidak juga, bisa saja perusahaan merugi disebabkan pencadangan seperti BNLI ataupun rugi kurs seperti JPFA dan GJTL di 2015, tapi apakah layak kita membeli saham dengan hutang yang melebihi ekuitas? Penulis rasa tidak.

But.. That's enough, Kita ingin membahas investasi bukan spekulasi yang tidak jelas. Kembali ketopik awal, lalu apa kriteria penulis dalam memilih saham? Berikut kriteria saham yang layak investasi menurut penulis.

1. Memiliki Menajemen yang baik
Bagaimana mengetahui apakah menajemen menguntungkan investor? Yang pasti perusahaan tidak suka melakukan aksi korporasi yang merugikan seperti Right Issue, apakah Right Issue merugikan investor? Tergantung, kita lihat JSMR yang Right Issue, tujuannya RI adalah sebagai modal perusahaan untuk ekspansi di proyek-proyek yang berjalan.

2. Memiliki "Moat"
Jika kita belajar dari Warren Buffet, maka dia mewajibkan kita memilih perusahaan yang memiliki "Moat", Moat adalah kelebihan yang dimiliki perusahaan dan tidak dimiliki oleh pesaing sehingga menjadi pilihan utama konsumen. 

3. ROE
Penulis memiliki kewajiban memilih saham dengan ROE minimal 15%, jika pun ada yang dibawah tersebut, penulis masukkan kedalam daftar saham pilihan disebabkan potensi perusahaan tersebut untuk bertumbuh lebih baik.

Kriterika ini saja sebenarnya juga sudah cukup bagi penulis. Berikut merupakan saham pilihan penulis, yakni :

No
Kode Saham
Nama Perusahaan
1
MARI
Maka Radio
2
SCMA
Surya Citra Media
3
AALI
Astra Agro Lestari
4
LSIP
PP London
5
CEKA
Wilmar Cahaya
6
SSMS
Sawit Sumbermas
7
BISI
Bisi Internasional
8
GJTL
Gajah Tunggal
9
SMSM
Selamat Sempurna
10
ASII
Astra Internasional
11
BBNI
Bank BNI
12
BMRI
Bank Mandiri
13
BBRI
Bank BRI
14
BBCA
Bank BCA
15
BNLI
Bank Permata
52
MCOR
CCB Indonesia
16
AMFG
Ashahimas Flat
17
CLPI
Colorpark Indonesia
18
KDSI
Kedawung Indonesia
19
SMGR
Semen Gresik
20
INTP
Indocement
21
MERK
Merck
22
INDY
Indika Energy
23
PTBA
Bukit Asam
24
HRUM
Harum Energy
25
ADRO
Adaro Indonesia
26
ICBP
Indofood CBP
27
INDF
Indofood Makmur
28
KLBF
Kalbe Farma
29
SIDO
Sidomuncul
30
KINO
Kino
31
MLBI
Multi Bintang
32
UNTR
United Tractors
33
CMNP
Citra Marga
34
JSMR
Jasa Marga
53
WIKA
Wijaya Karya
35
KRAS
Krakatau Steel
36
PTRO
Petrosea
38
ADMF
Adira Multifinance
39
MFIN
Mandala Multifinance
40
CPIN
Cakhroen Pokphan
41
JPFA
Japfa Comfeed
42
LPCK
Lippo Cikarang
43
BSDE
Bumi Serpong
44
PWON
Pakuwon Jati
45
JRPT
Jaya Property
46
CTRA
Ciputra Development
47
APLN
Agung Podomoro
48
ACES
Ace Hardware
37
MBSS
Mitabahtera Segara
49
SMDR
Samudera Indonesia
51
SOCI
Soechi Lines
50
BIRD
Blue Bird

  Sekian artikel dari penulis, jika ada pertanyaan terkait saham-saham pilihan penulis ataupun saran dan masukan dapat memberikan melalui kolom comment ataupun menghubungi penulis melalui contact ido_aprilian@yahoo.com. 

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Fundamental Petrosea Tbk

PT Petrosea adalah perusahaan Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi Nasional Indonesia dengan Kemampuan Internasional. Dengan lebih dari 42 tahun pengalaman dalam Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi, dan Offshore Services Base, Petrosea diakui sebagai salah satu kontraktor terkemuka di Indonesia.

Visi: Menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang menyediakan jasa disektor pertambangan, Minyak & Gas serta infrastruktur di asia tenggara.

Misi: Menyediakan solusi yang inovatif disektor pertambangan, Minyak dan Gas serta infrastruktur untuk menciptakan kepuasan bagi seluruh klien dan pemangku kegiatan.



Pemegang saham Petrosea saat ini adalah:

Indika Energy    69.801%
Lo Kheng Hong 11.437%
Masyarakat        18.762%

Penulis berinvestasi di saham Petrosea (PTRO) sejak tahun 2016 (Portofolio November 2016), sejujurnya anak usaha Indika Energy (INDY) ini sudah penulis pantau sejak akhir tahun 2015 silam, ketika harganya masih 220an. Namun penulis belum memutuskan investasi di PTRO dikarenakan v…

Portofolio Oktober 2017

Seperti biasa laporan Bulanan akan saya tulis di blog saya, sebagai pengingat keputusan apa saja yang telah saya lakukan dalam berinvestasi.
Kinerja Portofolio saya cukup membaik, ditopang oleh penguatan harga saham MBSS. Walaupun secara overall masih mengalami rugi disebabkan penurunan harga saham LPPF, TOTL dan AISA. Berikut hasil kinerja portofolio saya per tanggal 28 Oktober 2017:
NAMA AVERAGE LAST % AISA 1555 980 (37.0) BNLI 658 650 (1.2) LPPF 10.600 8600 (18.9) MBSS 391 570 45.4 TOTL 765 695 (8.9) (X) = Sedang dalam keadaan penurunan / rugi


Berikut ulasan untuk portofolio saham saya saat ini :
1. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)

Pertengahan bulan ini, saya menemani orang tua berbelanja bulanan. Saya melihat beberapa beras yang dilabeli tulisan "Beras HET". Uniknya bagi saya adalah tidak hanya beras Maknyus yang

MBSS : Waiting Moment

Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) adalah penyedia solusi logistik dan trasnportasi laut terpadu untuk bahan curah yang terkemuka di Indonesia, secara khusus batubara. memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam bidang usaha ini, MBSS dikenal memiliki reputasi pelayanan dengan kualitas tinggi dan dapat diandalkan. MBSS terutama melayani tambang-tambang batubara terbesar di Indonesia

VISI: Menjadi perusahaan tingkat dunia dalam menyediakan solusi bagi layanan logistik laut dan transshipment yang diakui oleh standarisasi yang tinggi dari menajemen keselamatan, keandalan dan keunggulan operasional.

MISI: Menyediakan solusi yang berkualitas tinggi untuk logistik laut dan transshipment untuk batubara dan barang-barang curah lainnya termasuk minyak dan gas.


Penulis membeli MBSS pada Desember 2016 (Tercatat : Portofolio Des 2016), pada portofolio tersebut, MBSS sebenarnya penulis beli sebagai pengganti SOCI, kenapa SOCI dijual? sudah penulis jelaskan di artikel penulis tersebut, So... Let…