Skip to main content

Tulisan "The Warrent Buffett Way" Bagian 6 (Akhir)

Berikut saya tuliskan sebagian isi dari The Warrent Buffett Way.

Berinvestasi Warrent Buffett

1. Abaikan Bursa Saham

Bursa saham berfluktuatif, terkadang bergerak liar menghadapi prospek masa depan, dan dilain waktu tertekan tanpa alasan pasti. Bursa saham bukanlah pembimbing, melainkan pelayan. Keberadaan bursa adalah membantu Anda melakukan jual-beli saham. Jika Anda percaya bursa lebih pintar dari pada Anda, maka berinvestasilah di Indeks. Namun jika Anda paham dengan bisnis dan mengetahui lebih banyak tentang bisnis ketimbang bursa, abaikan bursa saham.

Anda berada di level Buffett ketika Anda mampu mengabaikan bursa dan pertanyaan di benak Anda adalah "Apakah ada orang yang melakukan hal bodoh belakangan ini, yang memberi saya peluang membeli bisnis bagus diharga luar biasa (murah)?"

2. Abaikan Aspek Ekonomi

Jangan habiskan energi dan waktu Anda untuk memperdebatkan arah pertumbuhan ekonomi, resesi ataukah bertumbuh, apakah suku bunga naik ataupun turun, apakah deflasi atau inflasi.

Buffett beranggapan tidak ada orang yang tau masa depan. Bagi Buffett jika kita membeli bisnis dikarenakan aspek ekonomi, kita akan sering bergonta-ganti portofolio. Yang Buffett sarankan adalah beli bisnis yang punya peluang di kondisi seperti apapun. Kekuatan ekonomi, memang mempengaruhi marjin perusahaan, tapi secara keseluruhan, bisnis yang baik mampu mendapatkan keuntungan, bagaimanapun kondisi ekonominya.

3. Belilah Bisnis, Bukan Saham

Jika Anda dituntut untuk membeli bisnis dan tidak boleh merubah keputusan Anda selama 10 Tahun, Bisnis seperti apa yang Anda pilih?
Buffett akan menjawab hal ini dengan aturan-aturan dasarnya, yakni :
1. Apakah bisnis itu sederhana dan mudah dipahami, dengan sejarah operasional yang konsisten dan prospek jangka panjang yang menguntungkan?
2. Apakah dikelola oleh manajer yang jujur dan kompeten, yang mengalokasikan modal secara rasional, berkomunikasi apa adanya dengan pemegang saham, dan menentang imperatif institusional?
3. Apakah aspek ekonomi perusahaan dalam keadaan baik? dengan marjin laba tinggi dan nilai pasar yang meningkat setiap tahunnya?
4. Apakah tersedia diharga rendah dibanding nilai intrinsiknya?

4. Kelola Portofolio Bisnis

Buffett percaya deversifikasi yang luas hanya untuk mereka yang tidak tau apa yang mereka lakukan. Karena Anda mengelola portofolio bisnis, apabila perusahaan tidak lolos saringan satu Anda, jangan membelinya. Jika Anda tidak membeli dan menjual, Anda membuat kemajuan. Bagi Buffett, ia lebih memilih membuat beberapa keputusan cerdas ketimbang membuat ratusan keputusan cerdas seumur hidup.

Buffett pernah mengalami kegagalan dan pasti akan mengalami beberapa kegagalan lagi. Namun, Investasi tidak terlepas dari kesalahan, yang terpenting adalah melakukan lebih banyak hal benar dari pada yang salah.

Berinvestasi adalah suatu yang tidak rumit. Anda harus tau Akuntansi dan bahasa bisis. Anda harus membaca Intelligent Investor. Anda membutuhkan pola pikir yang tepat, temprament yang tepat. Anda harus tertarik dengan prosesdan berada dalam lingkaran kompetensi Anda. Bacalah Ben Graham dan Phil Fisher, bacalah berbagai laporan tahunan dan laporan perdagangan, tetap jangan mengerjakan persamaan yang mengandung huruf-huruf Yunani didalamnya.

Didalam Buku ini, Robert G Angstrom menekankan Buffett tidak hanya bergantung pada P/E rendah, tetapi bergantu juga pada kekuatan penggerak dalam menciptakan nilai laba pemilik dan kemampuan perusahaan menghimpun pengembalian modal diatas rata-rata. Menurut Buffett P/E rendah bisa menjadi tempat yang bagus untuk mendapatkan keuntungan, tetapi yang membuatnya naik adalah kas dan pengembalian modal investasi yang tinggi.

Jika perusahaan menciptakan pengembalian diatas modal perusahaan, maka akan menciptakan nilai. Jika dibawah modal, maka akan menghancurkan nilai.

"Sulit diprediksi tidak sama dengan mustahil dianalisis".

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Fundamental Petrosea Tbk

PT Petrosea adalah perusahaan Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi Nasional Indonesia dengan Kemampuan Internasional. Dengan lebih dari 42 tahun pengalaman dalam Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi, dan Offshore Services Base, Petrosea diakui sebagai salah satu kontraktor terkemuka di Indonesia.

Visi: Menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang menyediakan jasa disektor pertambangan, Minyak & Gas serta infrastruktur di asia tenggara.

Misi: Menyediakan solusi yang inovatif disektor pertambangan, Minyak dan Gas serta infrastruktur untuk menciptakan kepuasan bagi seluruh klien dan pemangku kegiatan.



Pemegang saham Petrosea saat ini adalah:

Indika Energy    69.801%
Lo Kheng Hong 11.437%
Masyarakat        18.762%

Penulis berinvestasi di saham Petrosea (PTRO) sejak tahun 2016 (Portofolio November 2016), sejujurnya anak usaha Indika Energy (INDY) ini sudah penulis pantau sejak akhir tahun 2015 silam, ketika harganya masih 220an. Namun penulis belum memutuskan investasi di PTRO dikarenakan v…

Portofolio Oktober 2017

Seperti biasa laporan Bulanan akan saya tulis di blog saya, sebagai pengingat keputusan apa saja yang telah saya lakukan dalam berinvestasi.
Kinerja Portofolio saya cukup membaik, ditopang oleh penguatan harga saham MBSS. Walaupun secara overall masih mengalami rugi disebabkan penurunan harga saham LPPF, TOTL dan AISA. Berikut hasil kinerja portofolio saya per tanggal 28 Oktober 2017:
NAMA AVERAGE LAST % AISA 1555 980 (37.0) BNLI 658 650 (1.2) LPPF 10.600 8600 (18.9) MBSS 391 570 45.4 TOTL 765 695 (8.9) (X) = Sedang dalam keadaan penurunan / rugi


Berikut ulasan untuk portofolio saham saya saat ini :
1. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)

Pertengahan bulan ini, saya menemani orang tua berbelanja bulanan. Saya melihat beberapa beras yang dilabeli tulisan "Beras HET". Uniknya bagi saya adalah tidak hanya beras Maknyus yang

MBSS : Waiting Moment

Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) adalah penyedia solusi logistik dan trasnportasi laut terpadu untuk bahan curah yang terkemuka di Indonesia, secara khusus batubara. memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam bidang usaha ini, MBSS dikenal memiliki reputasi pelayanan dengan kualitas tinggi dan dapat diandalkan. MBSS terutama melayani tambang-tambang batubara terbesar di Indonesia

VISI: Menjadi perusahaan tingkat dunia dalam menyediakan solusi bagi layanan logistik laut dan transshipment yang diakui oleh standarisasi yang tinggi dari menajemen keselamatan, keandalan dan keunggulan operasional.

MISI: Menyediakan solusi yang berkualitas tinggi untuk logistik laut dan transshipment untuk batubara dan barang-barang curah lainnya termasuk minyak dan gas.


Penulis membeli MBSS pada Desember 2016 (Tercatat : Portofolio Des 2016), pada portofolio tersebut, MBSS sebenarnya penulis beli sebagai pengganti SOCI, kenapa SOCI dijual? sudah penulis jelaskan di artikel penulis tersebut, So... Let…