Skip to main content

Buku : Bagaimana Perekonomian Tumbuh dan Mengapa Runtuh

Pada tanggal 19 Januari 2017, setelah selesai ujian akhir semester (UAS), penulis memutuskan untuk pergi ke gramedia di jalan Ringroad Medan. Awalnya penulis hendak membeli buku "Zero to One" karya Peter Thiel yang sebelumnya direkomendasikan oleh anggota Komunitas Saham Indonesia. Namun, buku yang penulis cari sudah habis, So.. akhirnya penulis membeli buku berjudul "Bagaimana Perekonomian Tumbuh dan Mengapa Runtuh" karya Peter D. Schiff dan Andrew J. Schiff.


Buku ini menurut penulis sangat membantu dalam menjelaskan:

Ilustrasi asal-muasal sistem ekonomi
Supply and Demand sebagai penggerak perekonomian
Bagaimana seharusnya pemerintah mendorong masyrakat untuk menabung
Penyebab inflasi dan deflasi
Nilai dari sebuah mata uang
Pembangunan infrastruktur berdampak terhadap perekonomian
Bagaimana belanja negara menjadi bom waktu bagi negara itu sendiri 
Bagaimana booming properti berujung krisis pada tahun 2008
dan pembahasan tentang pemahaman fundamental ekonomi 

Buku ini menggunakan perumpaan sebagai pembawa cerita disertai penjelasan dengan judul "hikmah" sebagai kesimpulan bab sehingga cukup mudah untuk dipahami. Cerita dalam buku ini dimulai ketika ada 3 orang yang hidup disebuah pulau bernama Usonia dan memiliki kerja menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, inovasi yang dilakukan seorang pemuda bernama Able didorong harapan untuk dapat menikmati hidup yang membuat lahirnya teknologi jaring dan menjadi ilustrasi sistem ekonomi di cerita ini. Kelanjutan dari 3 pemuda ini adalah terbentuknya masyarakat serta terbentuk sebuah pemerintahan dan bagaimana pulau yang tadinya hanya digerakkan dari binis menangkap ikan kini menjadi negara dengan pertumbuhan properti yang pesat. Namun dibalik pertumbuhan yang pesat tersebut ada ancaman yang menanti yang disebabkan oleh ketidak pahaman ekonomi. Hal yang menarik dari karya Peter dan Andrew Schiff ini adalah pembahasan tentang pemerintahan Usonia dan Saponia yang sebenarnya menceritakan tentang perekonomian negara Amerika Serikat dan Tiongkok.


"The Whole World Opened to Me, When I Learned to Read"
- Marry Mcleod Bethune

Penulis berharap dengan sharing buku yang telah penulis baca, maka investor juga tergerak meluangkan waktu untuk membaca dan dapat mengganti waktu dari memantau Running Trade dan Stock Price dengan membaca. Happy Investing people!.

Ido Aprilian Arapen Tarigan
ido_aprilian@yahoo.com




Comments

Popular posts from this blog

Buku "The Richest Man In Babylon"

Hai.. sobat invest sekalian. Sudah lama sekali penulis tidak sharing. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi ataupun mereview sebuah buku berjudul : The Richest Man In Babylon oleh George S. Clason  Buku ini adalah karya classic yang sudah banyak ditranslasikan ke berbagai bahasa. Buku yang penulis baca merupakan salah satu buku terjemahan berbahasa Indonesia yang sudah pernah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka pada tahun 2000.  Menurut penulis, buku ini sangat bagus untuk mereka yang belum memiliki sifat menabung (disiplin) dan mengenal dunia Financial Planning , buku ini dapat menjadi dasar mindset dan melatih kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dapat diterapkan sehari-hari.   Cerita pada buku ini mengambil latar belakang pada ratusan tahun lalu dimana ada sebuah kota yang sangat kaya bernama Kota Babylon. Buku ini akan membawa pembaca merasa tidak asing dengan masalah-masalah keuangan di Babylon dikarenakan masalah-masalah keuangan tersebut telah begitu

Mencari Buku dengan IPUSNAS

NB : Tulisan saya kali ini tidak ada hubungannya dengan promosi berbayar atau apapun yang menguntungkan saya. Tujuan saya adalah agar Anda dapat membaca buku secara gratis melalui layanan yang sudah tersedia (disediakan oleh Pemerintah) IPUSNAS adalah aplikasi membaca buku gratis dari Perpustakaan Nasional secara online. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui smartphone Anda. Buku-buku yang Anda pinjam akan tersimpan didalam aplikasi Ipusnas dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan sumber Ipusnas (Link :  Ipusnas  ) Ipusnas memilki spesifikasi minimal agar baik digunakan, yakni : Spesifikasi Minimal Untuk Android 1.      4.0 and up 2.      1   GB  of RAM 3.      4-inch display size Spesifikasi Minimal Untuk iPhone/iPod -            Required iOS 7.0 or later -            Optimized for iPhone 5 -            Compatible for iPhone and iPod Touch  Disamping ini adalah tampilan dari beranda Ipusnas. Bagi saya pribadi, aplikasi ini sangat ber